Air Photography Communications

sepercik tentang air photography communications

17 Agustus 2004. Pada mulanya “air photography communications” lahir di Kota Bandung. Masa ketika media fotografi dengan segala daya magnet visual yang dimilikinya, menjadi seperti virus yang sedemikian cepat menular di seluruh lapisan masyarakat. air photography communications (biasa disebut “air”) merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang pencitraan, komunikasi dan edukasi melalui media fotografi. Meniru sifat dan filosofi “air” yang selalu bergerak, berubah dan mengalir, lembaga ini terus menciptakan jejak kecil dengan harapan bahwa fotografi dapat menjadi agen perubahan sosial serta menjadi ajang kreativitas yang positif di dalam pertumbuhan masyarakat.

“air” mengkhususkan diri dalam pekerjaan fotografi yaitu mengelola kegiatan kreatif seperti pameran, workshop, lomba, klinik, seminar, diskusi, hunting, pelatihan, dan festival fotografi. Dalam perjalanannya, “air” selain berkecimpung di dunia komersil juga memiliki beragam program yang bersifat edukasi dan sosial. Misalnya saja, “air” bersama Papyrus Photo & Ceuyah menggagas sebuah program yang bernama “Photo Speak”. Program ini berupa seminar, workshop & klinik fotografi gratis yang diadakan setiap bulan bagi masyarakat umum. Lalu ada juga program yang bernama “Photography On The Move”. Dimana “air” bersinergi dengan Surat Kabar Pikiran Rakyat dan Jonas Photo untuk menjadi kreator program tersebut. Program ini memuat karya-karya foto terpilih dari masyarakat sebanyak satu halaman penuh (Pada rubrik foto pekan ini di Surat Kabar Pikiran Rakyat) dengan tajuk “Membaca Perkembangan Jantung Kota Melalui Mata Fotografi”. Program ini diselenggarakan setiap 2 bulan sekali dengan tema-tema seperti lingkungan hidup, aktivitas kreatif, transportasi kota dan lain sebagainya.

Perintis dan Pengelola lembaga kecil “air” ini adalah Galih Sedayu, seorang fotografer dan pegiat foto di Kota Bandung. Dimana “air” dibantu juga oleh beberapa tim diantaranya Julius Tomasowa, Endang Ruhimat, Deni Sugandi, Ivan Arsiandi, Rico Amachi, Lala Ovala, M Pandu Pranawa & Rani Nuraeni. Mereka ini selain merupakan tim kerja profesional di “air”, kesemua orang tersebut juga merupakan para “volunteer” yang membantu mengerakkan dunia fotografi khususnya di Kota Bandung. Dalam menjalankan misinya, “air” mempunyai sebuah kampanye yang diberi nama “Fotografi bergerak!!”. Kampanye ini merupakan sebuah ajakan bersama agar kita dapat menuangkan ide kreatif serta terus membuat karya melalui fotografi dengan harapan bahwa masyarakat fotografi tidak hanya diam melainkan selalu bergerak untuk berusaha menciptakan sesuatu agar fotografi dapat berguna bagi orang lain.

Info lengkap tentang kami,
http://www.fotografibergerak.com

  1. info lengkap tentang air photography communications…
    http://www.fotografibergerak.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: