Berita tentang Komunitas Foto BIKETOGRAPHY di Surat Kabar Kompas.

Berita tentang Komunitas Foto BIKETOGRAPHY di Surat Kabar Kompas…
http://regional.kompas.com/read/2010/01/23/07184429/Biketography..Asyiknya.Bersepeda.Sambil.Memotret

“Biketography”, Asyiknya Bersepeda Sambil Memotret
Laporan wartawan KOMPAS Dwi Bayu Radius
Sabtu, 23 Januari 2010 | 07:18 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Bagaimana bila hobi menikmati keindahan alam sambil bersepeda dipadukan dengan memotret? Hasilnya adalah Biketography, komunitas yang terbentuk sejak tahun 2006. Komunitas yang berada di Bandung, Jawa Barat, itu kini memiliki sekitar 135 anggota.

Ketua Biketography, Ivan Arsiandi (35), mengatakan bahwa obyek yang difoto para anggota komunitas itu tidak dibatasi. Mereka bisa memotret apa saja. Momen yang pernah diabadikan antara lain lomba sepeda BMX freestyle se-Asia Tenggara, keindahan alam di Dago Atas Bandung, dan pertunjukan seni budaya di Kampung Seni dan Wisata Manglayang, Kabupaten Bandung, Jabar.

Bagi Ivan, pengalaman paling berkesan yakni saat meliput pemilihan umum presiden (pilpres) pada Juli 2009. Setelah mencoblos, anggota Biketography kemudian berkumpul di Taman Cikapayang, Bandung, sekitar pukul 08.30. Mereka kemudian memotret kesibukan di tempat pemungutan suara.

“Setelah mencoblos, kami keliling hingga sekitar pukul 17.00. Momen-momen yang diabadikan kemudian dipamerkan di Bandung Electronic Center,” katanya.

Jumlah foto yang dipasang hampir 100 lembar. Sementara itu, pengalaman yang tidak menyenangkan umumnya sama dengan pengguna sepeda lain, yakni kerap dipepet kendaraan bermotor. Padahal, mereka sudah melintas di bagian jalan paling pinggir.

Selain itu, para anggota Biketography juga menggunakan bermacam-macam tipe sepeda. Ragam sepeda yang digunakan tak hanya keluaran terbaru, seperti mountain bike, tetapi juga BMX, lowrider, dan klasik sehingga sesekali menemui masalah seperti pedal copot, rantai kendur, dan ban kempes.

Ivan mengaku lebih senang menggunakan kamera saku ketimbang single lens reflex yang berbodi besar. Kepraktisan kamera saku dengan bentuk kompak, ringan, dan mudah diraih menjadi alasan. Adapun untuk tipe sepedanya, ia memilih mountain bike .

Sementara itu, Umbu Lede Coupertino (34), anggota Biketography, sudah sejak hampir 20 tahun lalu menggeluti fotografi. Ia pun sudah berkelana ke Kalimantan, Bali, Sumatera, hingga Sulawesi dengan sepeda. Tertarik untuk menjadi anggota komunitas pengendara sepeda sekaligus hobi memotret? Silakan bergabung dengan Biketography yang juga memiliki anggota di Jakarta.

    • Paulus Wijaya Prananta
    • March 11th, 2010

    How to Join Biketography?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: