Berita tentang Komunitas Foto KLASTIC di TNOL Community.

Berita tentang Komunitas Foto KLASTIC di TNOL Community…
http://www.tnol.co.id/community/community-news/1351-klastic-mencintai-fotografi-dengan-kamera-plastik.html

Klastic, Mencintai Fotografi dengan Kamera Plastik

Written by Fitriyan G. Dennis/Firmansyah
Tuesday, 05 January 2010 19:08
Dok. KlasticDok. Klastic

“HARI gini masih pakai kamera film, nggak ketinggalan jaman tuh! Kamera plastik lagi!” begitulah kira-kira olok-olokan yang diterima para penggemar kamera plastik dari beberapa orang.

Mendengar ledekan tersebut, Renaldy Fernando Kusuma hanya bisa tertawa, tak peduli. Renaldy percaya bahwa menggunakan kamera film itu justru bisa bebas berkreasi
,”Dengan kamera film ini kita bisa menambah efek-efek seperti kejadian penumpukan pada film atau menambahkan zat kimia,”kata Renaldy ketua Kaskus Plastic and Toycam Community (KLASTIC).

Dok. KlasticDok. Klastic

Untuk itulah dia tak tergerak hatinya menggunakan kamera digital yang kini menjadi trend. Renaldy tetap bersikukuh penggunaan kamera plastik justru lebih mengasyikan. Untuk itulah bersama teman-temannya mendirikan Klastic.

KLASTIC merupakan komunitas pengguna kamera plastik dan kamera mainan. Berdirinya komunitas ini berawal dari milis yang merteka bentuk tahun 2008, ” Kita memiliki beberapa cabang di Indonesia contohnya seperti Jakarta Bandung, Solo, Yogya, Semarang, Malang, Palembang dan Batam, dari setiap cabang tersebut memiliki ratusan anggota.”jelas Renaldy.

Dok. KlasticDok. Klastic

Menurut Renaldy, banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh komutasnya, mulai dari hunting bareng, diskusi materi fotografi hingga membuat pameran fotografi,”Saya ngga pernah menyangka ternyata banyak juga orang menyenangi kamera plastik ini,”kata Randy.

Dok. KlasticDok. Klastic

Randy mengatakan, “Ada suatu kebanggaan tersendiri jika kita bisa menciptakan gambar yang unik dengan kamera seadanya,” ungkap Randy. Makanya mereka berusaha membuat hasil jepretannya semenarik mungkin. Dan, hasilnya memang tak kalah dengan kamera digital canggih.

Bagi anggota KLASTIC tidak ada rasa malu atau minder menggunakan kamera-kamera film karena menurut mereka, keadaan fisik tidaklah soal yang penting hasilnya. “Sebenarnya dengan kamera plastic dan mainan ini kita bisa bereksperimen untuk mendapatkan warna-warna yang unik,”jelas Eka salah satu anggota KLASIC.

Dok. KlasticDok. Klastic

Eka mulai menggunakan kamera plastik saat ini menemukan kamera peninggalan kakeknya dirumah dan pada saat itulah dia mulai jeprat-jepret, “Untuk mencintai fotografi nggak harus memiliki DSLR, lagian hasil foto kamera plastik itu memiliki efek jadul yang menarik.”jelas Eka.
Hal senada juga disampaikan oleh Donny.

Dok. KlasticDok. Klastic

Menurutnya menggunakan kamera plastik ini lebih sederhana dibanding kamera DSLR karena tidak perlu memikirkan diafragma, speed atau pun lensa. Cukup menekan tombol shutter dan bermain angle aja, paling tekor di pembelian film aja,” jelas Donny.

Bagi teman-teman KLASTIC, bukannya mereka tidak sanggup untuk membeli kamera DSLR, tapi keorisinilan gambar dan kreativitas adalah segala-galanya. Makanya tak heran hasil-hasil foto yang mereka buat sangat unik.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: