Kamera lubang jarum, sederhana dan unik

Dengan mengambil tema, ”Workshop dan Hunting Bareng” Komunitas Lubang Jarum Indonesia bekerjasama dengan Enlight Learning Center mengadakan kegiatan workshop kamera lubang jarum, bertempat di Taman Ganesha, Jl. Ganesha Bandung, (21/3). Kurang lebih 30 orang peserta yang terdiri dari para Mahasiswa dan Pelajar dalam kegiatan tersebut, terlebih dahulu diberikan pengenalan materi dasar fotographi dan selanjutnya mereka diajarkan cara membuat kamera lubang jarum

dengan menggunakan media kaleng bekas,” Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk lebih mengenalkan seni fotographi kepada masyarakat dalam hal ini Mahasiswa dan Pelajar, apalagi rata-rata mereka baru pertama kali mengenal yang namanya kamera lubang jarum dengan peralatan sederhana seperti kaleng bisa menghasilkan gambar,” ujar Iman Subari dari Enlight Learning Center kepadakotapramuka.com disela-sela acara.
Usai membuat kamera, para peserta tersebut sambil dipandu para instruktur langsung mempraktekan cara mengambil (hunting) gambar dengan obyek gambar yang ada di sekitar Taman Ganesha sampai akhirnya mereka dapat melihat hasil jepretannya sendiri,” Kamera lubang jarum sebenarnya sudah ada sejak berabad lalu, dan digunakan sebagai pendukung kegiatan seni lukis. Seiring waktu berjalan, tepatnya 17 Agustus 2002 bersamaan dengan berdirinya Komunitas Lubang Jarum (LKJ) Indonesia yang digagas oleh forografer Rey Bachtiar Dradjat, alat yang terlihat sederhana ini dikembangkan lagi untuk diperkenalkan pada masyarakat secara luas dan hasilnya komunitas ini telah berkembang di beberapa daerah di nusantara antara lain; Jakarta, Jogja, Malang, Tanggerang, Palembang, dan Bogor,” ujar Deni Sugandi dari KLJ yang rencananya akan mengikuti pula pameran foto yang diselenggarakan oleh Jurusan Arsitektur Unpar dan mengadakan seminar Lubang Jarum se-Indonesia di Jakarta.
Selain itu, Rita (Jur. Fisika Unpad) ditempat yang sama menyatakan baru pertama kali mengikuti workshop kamera lubang jarum ini alasannya karena selain alatnya serba sederhana cara mengoprasikannyapun unik.

Benny/Roni/kotapramuka.com

http://www.kotapramuka.com/2010/03/kamera-lubang-jarum-sederhana-dan-unik.html

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: